Kamis, 23 Februari 2012

Perkembangan Motorik ( S-III)

Share

PERKEMBANGAN MOTORIK

( MOTOR DEVELOPMENT ) PERKEMBANGAN GERAK

Adalah : suatu proses yang terjadi sejalan dengan bertambahnya usia, dimana secara bertahap dan berkesinambungan. Gerakan individu meningkat dari keadaan sederhana tidak terorganissi dan tidak terampil. Kearah penampilan erak yang komplek dan terorganisir dengan baik, yang pada akhirnya kearah penurunan ketrampilan menyertai terjadinya proses menua / menjadi tua.

Prinsip perubahan sepanjang hidup dan periodisasi perkembangan

Prinsip perubahan sepanjang hidup : manusia adalah makhluk hidup yang mengalami perubahan dari waktu kewaktu, bermula dari proses perubahan yang terjadi dalam bentuk menyatunya sperma sang ayah dengan sel telur sang ibu, terbentuklah serangkaian organisme yang kemudian tumbuh menjadi janin selama ± 9 bulan 10 hari. Janin tumbuh dan berkembang melengkapi diri dengan organ – organ dan bagian – bagian sampai menjadi wujud bentuk manusia kecil dengan sebutan bayi.

Bayi yang lahir dengan ukuran tubuh yang panjangnya ± 50 cm dan beratnya ± 3 kg akan bertambah panjang dan bertambah berat, sedikit demi sedikit sampai mencapai ukuran panjang / tinggi orang dewasa yaitu ± 175 cm untuk laki – laki dan ± 160 cm untuk perempuan. Dan berat ± 65 kg untuk laki – laki dan ± 50 kg untuk perempuan.

Periodi sasi perkembangan

Secara garis besar ada 5 fase pengembangan dalam hidup manusia :

1. Fase sebelum lahir ( prenata )

2. Fase bayi ( Invant )

3. Fase anak – anak ( Childhot )

4. Fase adolosensi ( Fase remaja )

5. Fase dewasa ( adult hot )

Fase sebelum lahir adalah :

Fase perkembangan sela berada pada masa kandungan, lama kandungan normal 9 bulan 10 hari. Dua minggu pertama sejak terjadinya pembuahan disebut fase Germinal ( fase awal ) antara 2 – 8 minggu berada dalam kandungan disebut “Embrio”. Antara 8 minggu sampai saat kelahiran disebut “ Vetos / Janin “.

Fase bayi adalah : Fase perkembangan mulai dilahirkan sampai umur 1- 2 tahun.

Fase anak – anak : mulai umur 1 -2 tahun samapi 10 – 12 tahun.

Fase adolosensi ( remaja ) : antara perempuan dan laki – laki dimulai dan diakhiri pada umur yang berbeda, pada perempuan mulai umur 10 tahun dan di akhiri 18 tahun. Sedangkan laki – laki 12 – 20 tahun. Jadi perempuan mencapai masa adolosensi 2 tahun lebih awal.

Fase dewasa : fase dewasa dibagi menjadi 3 bagian :

1. Fase dewasa muda ( young adult hot )

2. Fase dewasa madya ( midle adult hot )

3. Fase dewasa tua ( older adult hot )

· Fase dewasa muda antara 18 tahun ( perempuan ) atau 20 tahun laki – laki sampai 40 tahun

· Fase dewasa madya 40 – 60 tahun

· Fase dewasa tua 60 – dst.....

0 comments:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates