-|| PSIKOLOGI PENDIDIKAN ||-
Pengertian Psikologi Pendidikan : Psikologi adalah
ilmu pengetahuan yang mempelajari jiwa manusia melalui perilaku atau gejala –
gejala aktifitasnya.
Psikologi ada 2 :
Psikologi
umum
Psikologi
umum adalah : ilmu jiwa yang berkaitan dengan perbuatan manusia dan bagaimana
reaksinya terhadap stimulus yang datang dari sekitarnya.
Psikologi
pendidikan
Ilmu
yang mempelajari tentang bagaimana manusia itu belajar dalam pendidikan dan
reaksi mereka terhadap situasi dan kondisi baik di dalam sekolah maupun di luar
sekolah
Mengapa
butuh psikologi pendidikan ??
1.
Tugas
calon pendidik dan tenaga pendidik tidak hanya mengajar
2.
Untuk
membantu menemukan kesulitan belajar yang dihadapi oleh anak didiknya
3.
Mampu
mengembangkan bakat dan ketrampilan siswa dan dapat mengarahkan perkembanganya
kearah yang positif
4.
Mampu
memahami pertumbuhan dan perkembangan dari segi intelegensinya, minat, bakat,
watak dan emosi
Bekal
yang harus dimiliki oleh calon pendidik
1.
Memahami
secara luas prinsip – prinsip psikologi pendidikan
2.
Memiliki
kemampuan dan teknik mempelajari psikologi pendidikan sebagai upaya membantu
anak didiknya
3.
Mempu
menganalisi cara mengajarnya dan cara belajarnya
Fungsi psikologi pendidikan
1.
Membekali
calon tenaga pendidik agar lebih bijaksana dalam melaksanakan tugasnya
2.
Lebih
efisien dan efektif dalam membimbing anak didiknya
3. Dapat mengarahkan anak didiknya agar
semakin baik dalam belajarnya
-|| SIFAT –
SIFAT UMUM SIFAT MANUSIA ||-
a)
Perhatian
b)
Pengamatan
c)
Tanggapan
d)
Fantasi
e)
Ingatan
f)
Berfikir
g)
Perasaan
h)
Motif
– motif
.::Pengertian
perhatian adalah :
Segala
pemusatan tenaga psikis yang tertuju kepada suatu object atau banyak sedikitnya
kesadaran yang menyertai suatu aktifitas yang dilakukan ( berdasarkan pendapat
Bee Good dan Sterm )
>Macam – macam pendidikan
:Intensif
:Tidak
intensif
>Faktor – faktor timbulnya perhatian
:Spontan
:Secara
disengaja
>Hal – hal yang mengundang perhatian
:Sesuatu
yang belum pernah diketahui
:Sesuatu
yang menjadi perhatian orang banyak
.:: Pengamatan
Pengamatan
adalah : mengamati suatu object yang menggunakan sudut pandang dan ruang dan
waktu
.:Tujuan
pengamatan : Untuk mendapatkan informasi yang baru dan valid
.::Tanggapan
Tanggapan
adalah suatu bayangan yang tinggal dalam ingatan kita setelah melakukan
pengamatan ( Bee Good )
“Linsotand”
=> Tanggapan adalah melakukan kembalu suatu perbuatan tanpa hadirnya object
yang merupakan dasar dari modalitas tanggapan itu
Tanggapan
ada 2
.:Tanggapan bayangan pengiring
positif
Yaitu bayangan pengiring yang sama
dengan warna objectnya
Contoh : setelah kita melihat bendera
palang merah ( + ) ketembok putih maka tembok tersebut tidak jelas warnanya
.:Tanggapan banyangan pengiring
negatif
Yaitu bayangan pengiring yang tidak
sama dengan objectnya
Contoh : setelah pandangan dari palang merah ( + ) ketembok putih terlihat
warna tembok hijau
.::Fantasi
Fantasi
adalah : daya untuk membentuk tanggapan baru sebagai fungsi yang memungkinkan
manusia berorientasi dalam imaginasi melampui duni riel
-||
MOTIFASI ||-
Motifasi adalah dorongan yang timbul pada
diri seseorang yang mengakibatkan timbulnya perubahan pada sikap dan perilaku
Motifasi ada 2
.:Motifasi Instrinsik
.:Motifasi Extrinsik
Motifasi instrinsik adalah dorongan yang timbul pada
seseorang karena pengaruh dirinya sendiri
Motifasi
Extrinsik adalah doronga yang timbul karena faktor dari luar
Manfaat
motifasi
.:Membantu memecahkan masalah
.:Memudahkan tercapainya tujuan
.:Menghindarkan terjadinya sifat
malas
BAB I PENDAHULUAN
Latar belakang masalah
5W + 1 H
Rumusan masalah
Tujuan pembahasan
0 comments:
Posting Komentar