Senin, 15 Agustus 2011

Psikologi Pendidikan

Share

-|| PSIKOLOGI PENDIDIKAN ||-
Pengertian Psikologi Pendidikan : Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari jiwa manusia melalui perilaku atau gejala – gejala aktifitasnya.
Psikologi ada 2 :
Psikologi umum
Psikologi umum adalah : ilmu jiwa yang berkaitan dengan perbuatan manusia dan bagaimana reaksinya terhadap stimulus yang datang dari sekitarnya.
Psikologi pendidikan
Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia itu belajar dalam pendidikan dan reaksi mereka terhadap situasi dan kondisi baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah
Mengapa butuh psikologi pendidikan ??
1.      Tugas calon pendidik dan tenaga pendidik tidak hanya mengajar
2.      Untuk membantu menemukan kesulitan belajar yang dihadapi oleh anak didiknya
3.      Mampu mengembangkan bakat dan ketrampilan siswa dan dapat mengarahkan perkembanganya kearah yang positif
4.      Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan dari segi intelegensinya, minat, bakat, watak dan emosi
Bekal yang harus dimiliki oleh calon pendidik
1.      Memahami secara luas prinsip – prinsip psikologi pendidikan
2.      Memiliki kemampuan dan teknik mempelajari psikologi pendidikan sebagai upaya membantu anak didiknya
3.      Mempu menganalisi cara mengajarnya dan cara belajarnya

Fungsi psikologi pendidikan 
1.      Membekali calon tenaga pendidik agar lebih bijaksana dalam melaksanakan tugasnya
2.      Lebih efisien dan efektif dalam membimbing anak didiknya
3.      Dapat mengarahkan anak didiknya agar semakin baik dalam belajarnya

-|| SIFAT – SIFAT UMUM SIFAT MANUSIA ||-
a)        Perhatian
b)        Pengamatan
c)        Tanggapan
d)        Fantasi
e)        Ingatan
f)         Berfikir
g)        Perasaan
h)        Motif – motif

       .::Pengertian perhatian adalah :
Segala pemusatan tenaga psikis yang tertuju kepada suatu object atau banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai suatu aktifitas yang dilakukan ( berdasarkan pendapat Bee Good  dan Sterm )
        >Macam – macam pendidikan
:Intensif
:Tidak intensif
>Faktor – faktor timbulnya perhatian
:Spontan
:Secara disengaja
>Hal – hal yang mengundang perhatian
:Sesuatu yang belum pernah diketahui
:Sesuatu yang menjadi perhatian orang banyak

.:: Pengamatan
Pengamatan adalah : mengamati suatu object yang menggunakan sudut pandang dan ruang dan waktu
.:Tujuan pengamatan : Untuk mendapatkan informasi yang baru dan valid

.::Tanggapan
Tanggapan adalah suatu bayangan yang tinggal dalam ingatan kita setelah melakukan pengamatan ( Bee Good )
“Linsotand” => Tanggapan adalah melakukan kembalu suatu perbuatan tanpa hadirnya object yang merupakan dasar dari modalitas tanggapan itu
Tanggapan ada 2
.:Tanggapan bayangan pengiring positif
Yaitu bayangan pengiring yang sama dengan warna objectnya
Contoh : setelah kita melihat bendera palang merah ( + ) ketembok putih maka tembok tersebut tidak jelas warnanya
.:Tanggapan banyangan pengiring negatif
Yaitu bayangan pengiring yang tidak sama dengan objectnya
Contoh :    setelah pandangan dari palang merah ( + ) ketembok putih terlihat warna tembok hijau

.::Fantasi
       Fantasi adalah : daya untuk membentuk tanggapan baru sebagai fungsi yang memungkinkan manusia berorientasi dalam imaginasi melampui duni riel
-|| MOTIFASI ||-
Motifasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang yang mengakibatkan timbulnya perubahan pada sikap dan perilaku
Motifasi ada 2
.:Motifasi Instrinsik
.:Motifasi Extrinsik
Motifasi instrinsik adalah dorongan yang timbul pada seseorang karena pengaruh dirinya sendiri
       Motifasi Extrinsik adalah doronga yang timbul karena faktor dari luar
       Manfaat motifasi
.:Membantu memecahkan masalah
.:Memudahkan tercapainya tujuan
.:Menghindarkan terjadinya sifat malas

BAB I PENDAHULUAN
Latar belakang masalah
5W + 1 H
Rumusan masalah
Tujuan pembahasan

0 comments:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates