Rabu, 09 Juni 2010

Telah Tersedia: Safari 5 dari Apple

Share

Persaingan browser memang akan selalu memanas, setiap rilis dari browser tertentu selalu menjadi menarik karena perkembangan-perkembangan yang dirilisnya, selain karena implementasi teknologi web terbaru, pertarungan atas kecepatan dan berbagai fasilitas yang tersedia juga menarik untuk diikuti.
Salah satu perusahaan yang baru saja meluncurkan browser versi terbaru adalah Apple. Di tengah kesibukkan mereka meluncurkan iPhone 4, Apple juga meluncurkan versi terbaru browser mereka, Safari 5 yang telah bisa di download di situs Apple, kelebihan yang ada di Safari 5 termasuk cara baru dalam melihat tampilan web serta berbagai tool baru untuk para developer dalam melakukan kustomisasi pengalaman browsing bagi para pengguna Safari.
Beberapa kelebihan yang dijelaskan lewat situs mereka antara lain, tentang kecepatan. Salah satu kelebihan yang sering digunakan untuk membandingkan antara satu browser dengan yang lain adalah, masalah kecepatan, Safari 5 didukung oleh Nitro JavaScript Engine, yang membuatnya lebih cepat 30% dari Safari 4, 3% lebih cepat dari Chrome 5.0 serta dua kali lebih cepat dari Firefox 3.6.
Safari 5 juga mendukung lebih dari selusin fitur baru dari HTML5 yang memungkinkan para pengembang untuk membuat konten interaktif serta pengalaman lebih pada user mereka langsung dari browser tanpa plug-ins dari pihak ketiga. Beberapa fitur baru tersebut termasuk location services dan full screen untuk video.
Safari 5 juga kini memiliki fitur Smarter Address Field, yang memungkinkan pengguna untuk mengetikkan beberapa kata saja jika mereka lupa akan alamat suatu web tertentu yang pernah mereka buka, nantinya Safari akan mendeteksi dan mencocokkan alamat web ini berdasarkan web history dan bookmark yang anda miliki. Fitur ini juga akan memberikan usulan halaman web ketika pengguna mengetikkan alamat atau huruf tertentu di address bar.
Selain itu ada pula fitur Safari Reader yang memungkinkan pengguna untuk membaca artikel tertentu di web tanpa diganggu iklan atau bagian visual lain dari web tersebut dan hanya akan menampilkan artikel yang ingin dilihat oleh pengguna saja. Untuk mencobanya, ketika anda sedang berada di halaman web tertentu, klik ikon Reader yang berada di Smart Address Field, maka Safari akan menampilkan hanya artikel yang ada di halaman web itu saja.
Extension juga mendapatkan perhatian dari Apple, di Safari 5 ini Apple memperkenalkan Safari Extesions yang memberikan peluang bagi para pengembang untuk membuat berbagai extension yang nantinya akan dimasukkan pada galeri khusus extension.
Masih ada beberapa perkembangan atas Safari 5 ini seperti pilihan mesin pencari dengan built-in Bing Search, tabs setting, akselerasi perangkat keras untuk Windows serta beberapa fitur lain yang bisa anda lihat secara lengkap di link ini.
Untuk menikmati Safari 5 anda bisa download di link ini apple.com/safari.

0 comments:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates