Selasa, 26 Oktober 2010

Perlukah Antivirus Lokal?

Share

Banyak dan beragamnya virus yang menyebar di dunia maya sangat mengganggu dan mengkhawatirkan pengguna internet. Meskipun banyak merek antivirus yang dibuat oleh perusahaan aplikasi antivirus internasional, namun hal itu tidak mengurangi jumlah antivirus yang tersebar di internet.
Bagaimana dengan virus yang dibuat oleh pembuat virus lokal? Menurut laporan, jumlahnya lumayan banyak dan memusingkan. Yang mengkhawatirkan, kadang-kadang virus ini tidak bisa dibersihkan dengan antivirus yang dibuat oleh perusahaan antivirus berskala internasional karena belum ada yang melaporkan dan tidak terdeteksi. Sering pengguna terjebak dengan virus-virus lokal ini. Salah satu contoh virus lokal adalah Rontokbro.
Berbahayakah virus lokal ini? Jawabannya, bergantung jenis virus yang menyerang komputer. Pola penyebarannya beragam. Virus ini ada yang menginfeksi registry, pemblokiran registry, cmd, msconfig, sysedit, dan sebagainya.
Virus-virus lokal ini membuat lamban kerja komputer dan tentu saja itu menjengkelkan pengguna komputer saat ingin bekerja mengejar deadline. Komputer yang lamban membuat perangkat yang satu ini menjadi penghambat. Oleh karena itu, virus lokal harus segera ditangani.
Untuk membantu mengenyahkan virus-virus ini, jasa antivirus lokal bisa digunakan. Salah satu contohnya adalah Smadav. Antivirus ini ada yang ditawarkan gratis maupun berbayar dengan fiturnya sendiri-sendiri.
Jika sering berinternet atau sering meng-install program-program baru, Anda tetap sangat disarankan untuk menggabungkan Smadav dengan antivirus Impor (misalnya yang gratis adalah Avira, AVG, atau Avast, dan yang berbayar adalah Kasperksy, Norton, atau NOD32). Kelebihan Smadav adalah bisa bekerja sama dengan hampir semua antivirus impor sehingga komputer Anda benar-benar terlindungi dari infeksi virus lokal maupun virus asing (global). Saat ini Smadav 2010 sudah mengenali sebagian besar virus lokal yang menyebarluas di Indonesia.
Beberapa keunggulan Smadav:
  1. Teknologi SmaRTP, SmaRT-Protection
  2. Teknologi Smad-Behavior
  3. Teknologi Smad-Lock
  4. Scanner pintar (Intelligence)
  5. Cleaner dokumen terinfeksi
  6. Pembersihan dan perbaikan (1500 value) registry
  7. Update terbaru di setiap revisi
  8. Senjata manual sangat mudah digunakan
  9. Gratis, dan
  10. Portable dan support OS Windows 2000/XP/Vista/7.
Teknologi SmaRTP, SmaRT-Protection
Ini proteksi paling ringan di dunia, tercepat, dan paling sedikit memakai resource komputer. SmaRT-Protection tidak hanya bergantung pada banyaknya database/signature, tetapi juga mempunyai kepintaran (algoritma cerdas) yang bisa memproteksi komputer dari virus baru sekalipun. Dia dapat mendeteksi otomatis flashdisk seketika setelah dicolok di komputer. Juga deteksi otomatis ketika ada virus saat Anda sedang meng-explore folder dan dapat digabungkan sempurna dengan proteksi semua produk antivirus mana pun. Teknologi ini mendukung semua OS Windows XP & Vista.

SUMBER

0 comments:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates