Senin, 04 April 2016

Filosofi tentang hantu di Indonesia yang dapat kita petik hikmahnya

Share

Assalamualaikum..selamat malam semoga senantiasa semuanya diberikan kesehatan keselamatan dan kemudahan disetiap langkah hidup antum semuanya. setelah sekian lama dan berbulan bulan tidak menggoreskan kalimat untaian kata pada blog ini, habis nemu dari sini yang bertemakan tentang hantu. Mungkin memang serem tapi kita bisa memetik hikmah dari beberapa nama-nama hantu yang ada di negara Indonesia yang tercinta ini. 

Langsung saja kita mulai dari jenis hantu yang pertama, dia bernama Tuyul.
Masih kecil udah mandiri, bisa cari uang sendiri

Konon katanya, hantu ini bertubuh mungil. Saking mungilnya, ia bisa ditangkap menggunakan botol kecil. Tapi, apakah tubuh kecilnya menghalanginya berusaha? Nggak! Justru dia terkenal sebagai penghasil pundi-pundi Rupiah yang handal. Filosofi si Tuyul ini diterapkan oleh para pengusaha muda. Mereka benar-benar memanfaatkan masa mudanya untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin. Meski rajin berusaha, si Tuyul ini juga patuh pada tuannya. Anggap saja si tuan adalah sosok orangtua. Maka dari itu, kesuksesan jangan sampai membuat agan lupa akan orangtua. 

Jenis Hantu selanjutnya adalah Kuntilanak 
Susah senang selalu tertawa, ini menunjukkan kepribadian kuntilanak ini optimis

Makhluk yang satu ini terkenal dengan caranya mengekspresikan kegalauan. Susah, senang, sedih, sendiri, semua itu dilalui dengan suka hati.

Agan nggak percaya? Nih ane ada bukti transkrip percakapan si Kunti dan burung gagak:

Gagak: “Ti, ngapain lu jam segini masih ngelamun ajah? Nggak ngantuk?!”

Kunti: “Belom, Gak!” jawab si Kunti sambil geleng kepala. Dalam hati ia berkata, Dasar burung gila! Nggak ada pertanyaan lebih bagus apah? Mana ada sejarahnya gw tidur malem hari?!

Gagak: “Trus, lu kenapa? Ada masalah?”

Kunti: “Iya, cowok gebetan gw udah jadian ama si Lastri. Gw barusan ngintip ke kamarnya, dia lagi chatting pake Line,” jawab si Kunti sambil ngeluarin suara ketawa khas.

Nah, ini adalah filosofi hidup si Kunti, gan. Galau boleh, tapi sebentar ajah. Nte harus bisa mup-on dalam berbagai kesulitan hidup yang nte alami. Hadapi semua dengan senyuman. :D

Hantu selanjutnya adalah Nyi Roro Kidul
Walau selalu menetap di lautan, tapi pakaiannya selalu lengkap dan sopan, dia nggak pake baju renang, artinya dia selalu menjaga etika dan kehormatan

Suatu sore, Nyi Roro Kidul hendak kembali ke laut didampingi para pengawal berbadan tegap, perut six-packs, dan membawa pedang. Mereka baru saja selesai berjemur di pinggir pantai.

Saat sang Ratu hendak berjalan menuju tengah lautan, salah seorang pengawal berkata, “Ratu, alangkah baiknya kalau kanjeng Ratu melepas pakaian sebelum masuk ke air.”

Sontak Nyi Roro Kidul menampar pipi sang pengawal lancang dengan kain selendangnya. Tak lama sang Ratu berkata, “Emangnya lu pikir gw apaan telanjang di depan lu? Gw biar begini juga punya harga diri. Emangnya lu pikir gw calon Ratu Kecantikan Sejagat apah? Mereka cuma jadi ratu abal-abal setahun ajah udah pada buka baju segala.”

Si pengawal nggak menjawab apa-apa, ia hanya bisa tertunduk malu.

Nah, ini adalah filosofi hidup sang Ratu Pantai Selatan, gan. Meski ia menghabiskan banyak waktu di lautan, tapi pakaiannya tetap sopan. :)

Perkenalkan Hantu selanjutnya adalah Jelangkung 
Datang nggak di undang, pulang nggak diantar, artinya dia nggak mau merepotkan orang lain

Makhluk halus yang satu ini terkenal dengan semboyan, datang tak dijemput, pulang tak diantar. Inilah filosofi hidup dari makhluk halus yang nggak senang nyusahin siapapun. Meski sebenarnya si Jelangkung berhak minta dianterin pulang karena udah diajak main ama orang-orang yang manggil, tapi ia nggak melakukan itu. 

Hantu selanjutnya adalah Pocong 
Dari dulu bajunya nggak pernah ganti, artinya dia tidak tertarik pada fashion, sangat bersahaja

Nah, makhluk yang satu ini punya filosofi hidup yang bagus, gan. Dari dulu sampe sekarang, bungkusannya nggak pernah berubah, kain putih. Ini tandanya si Pocong konsisten menjalani hidup. Ia selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang ditinggalkan leluhur.

Demikian postingan kali ini mengenai hikmah yang bisa kita ambil dari nama-nama leluhur Hantu yang berdomisili di Negara Indonesia, semoga bermanfaat. Bagi yang kurang berkenan mohon dimaafkan..:-) 

0 comments:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates