Sabtu, 29 Mei 2010

Korban Akun YM Bertambah

Share

Jakarta-SURYA – Polda Metro Jaya segera melakukan penyelidikan atas kasus yang menimpa artis Jajang C Noer. ” Kami juga mengimbau kepada pemilik akun YM agar waspada. Jangan begitu saja percaya bila sedang chatting dengan orang lain. Buktinya identitas seseorang bisa dibajak,” kata kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Boy Rafli.

Kombes Pol Boy Raflimengakui modus yang dilakukan oleh pelaku cukup canggih. Pelaku mengerti teknologi untuk membajak akun YM milik orang lain.

Dia juga mengingatkan agar pemilik akun memastikan keamanan akun pribadi, salah satunya password atau kata kunci. “Penjahat kini juga sudah mengerti teknologi,” ujar juru bicara Polda Metro Jaya ini.elaku kejahatan kian canggih dan menggunakan teknologi dalam menjerat korbannya.

ISTERI ALM CHRISYE

Penjahat membajak akun Yahoo Messeenger (YM). Sejumlah selebritis telah menjadi korban kejahatan akibat YM miliknya dibajak.

Selebritis yang dicatut antara lain artis Jajang C Noer, Yanti Noor (istri almarhum Chrisye), serta Butet Kertaredjasa. Akun YM dan facebook milik Jajang dibobol, lalu digunakan oleh pelaku untuk meminta uang kepada teman-teman korban. Begitupula akun milik Yanti, dibajak untuk meminta uang kepada Jajang.

Merasa dirugikan oleh penjahat, Jajang, istri sutradara kawakan almarhum Arifin C Noer lalu melapor ke Polda Metro Jaya, Kamis (28/5) malam. Selain akun YM miliknya digunakan untuk meminta uang kepada sesama selebritis, Jajang juga nyaris jadi korban setelah ia dimintai uang oleh Yanti Noor palsu dengan alasan sedang ada keperluan mendadak.

Beruntung Jajang tak sempat mengirim uang kepada Yanti Noor palsu karena saat itu hari masih subuh dan peraih Piala Citra FFI 1992 untuk kategori artis pendukung terbaik ini tidak punya phone banking.

Namun ‘Jajang palsu’ telah menelan korban. Seniman yang dikenal ahli meniru suara tokoh-tokoh penting, Butet Kertaredjasa sempat mengirim mentrasfer uang Rp2 juta setelah chatting dengan Jajang palsu minta dikirimi uang dengan alasan sedang berada di RS Cikini dan ATM miliknya patah.

Butet sama sekali tak curiga kalau ia telah diperdaya penjahat. Ia baru sadar tertipu setelah mengirim SMS ke Jajang C Noer untuk menanyakan apakah transfer uang darinya telah sampai. Sementara Jajang sendiri terheran-teheran karena di akun YM miliknya Butet mengirim deretan angka nomor rekening. edi/ird/Pos Kota

0 comments:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates