Senin, 19 April 2010

Insomnia

Share



Cara Mengatasi Insomnia ketika malam tiba, dimana suasana sepi senyap orang lain sudah tidur anda masih belum dapattertidur. Anda berusaha untuk memajamkan mata anda , tetapi pikiran andamelayang kemana-mana sehingga anda tidak dapat tidur. Sehingga ketika pagitiba, bukannya segar yang terasa malah lemas, tidak enak badan dan pusing.

Bagaimana dengan anda, pernahkah anda Insomnia?

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalamikesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiaporang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebihekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Penyebab Insomnia
Insomnia ini bisa disebabkan menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian,angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Halini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusialebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomniabila dibandingkan laki laki.

Cara mengatasi insomnia

1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teraturdapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknyadilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Denganberolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawanstress yang muncul dengan lebih baik.

2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalubanyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yangterlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil.Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.

3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikanhal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tiduranda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat andacemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat andaterjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan andaterjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.

5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelangtidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.

6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi airhangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandiair hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.

7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.

8. Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuhanda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring ditempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatihpernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yangterjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akanmempemudah anda untuk tidur.

10. Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapipikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran andalewat media blog.

11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktutidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

Demikianlah tips mengurangi masalah tidur anda. Selalulah ingat bahwa tidurmerupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu. Insomnia bukan merupakan penyakit bawaan dan dengan demikiantentu akan mudah disembuhkan.

Jika tips-tips ini tidak mampu juga memberikan hasil yang positif bagi Anda,segeralah hubungi dokter terdekat

0 comments:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates